Ventilasi Pulmonal

Teman-teman, udah pasa tahu gak apa itu ventilasi? 
Hah? yang di jendela? :O ooh :D bukan itu kok maksudnya ^^

Ventilasi yang aku maksud adalah suatu proses perpindahan udara dari luar tubuh ke dalam tubuh dan menuju cabang bronkus dan alveoli atau kalo dalam bahasa orang awamnya dinamakan proses respirasi/bernapas.

Dalam proses bernapas kan ada dua proses juga tuh, yaitu proses inspirasi atau inhalasi adalah suatu proses menyediakan perpindahan udara ke dalam tubuh, dan ada juga proses ekspirasi atau exhalasi dimana terjadinya perpindahan udara dari dalam tubuh ke lingkungan luar.
Pada saat inspirasi biasa, tekanan udara pada paru-paru dan alveoli menurun sehingga menyebabkan udara luar pun masuk dan volume udara menjadi meningkat. Impuls untuk melakukan inspirasi ini akn dibawa ke neuro phrenic pada servikal yang kemudian menstimulasi otot fiber diafragma sehingga diafragma pun menjadi mendatar dan rongga dada menjadi membesar sehingga tekanan udara alveoli akan menurun lebih kurang 2 mmHg.

Sedangkan pada saat inspirasi maksimum, pada saat diafragma mendatar, maka otot intercostae eksternal (untuk inspirasi) antar rusuk akan berkontraksi sehingga rusuk dan sternum menaik dan terjadilah perbesaran rongga dada lebih besar lagi. Tekanan udara pun menjadi semakin menurun dan volume pun meningkat sehingga akan terjadi perluasan paru-paru untuk perpindahan, diafragma dan dinding dada bergantung pada membran pleura.
Secara terpisah, pada membran pleura, tekanan udara di rongga interpleural yang ditambah dengan cairan serosa yang tipis akan memisahkan pleura parietal pada rongga dinding dada dalam dari pleura viseral yang meng"attach" pada permukaan paru-paru.

Pada saat ekspirasi, tubuh akan distimulus dari jaringan recoil elastis dan tekanan permukaannya sehingga pada jaringan elastis yang ada pada paru-paru dan dinding toraks akan melebar dengan ditandai adanya perluasan paru-paru pada saat inspirasi. Diafragma akan menekan organ abdomen yang ada di bawahnya sehingga setelah inspirasi, diafragma dan otot eksternal intercostae ekternal (ekspirasi) berelaksasi yang akan berdampak pada jaringan elastis, paru-paru dan thorax yang akan kembali ke ukuran semulanya. Diafragma ke atas sehingga surface tension berkembang di antara permukaan alveolus (diameter alveoli pun mengecil).
Materi ini diambil dari Hole's Essentials of Anatomy and Physiology 11th Edition

Comments

Popular Posts