Mari Bernalar dengan Logika Bahasa ^^

Logika Bahasa adalah suatu metode atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketepatan penalaran. Biasanya pada mahasiswa, dalam berbahasa tidak hanya membicarakan tentang isi dari apa yang dibicarakannya, tetapi juga bisa membicarakan tentang makna yang dibicarakannya sehingga dapat memahami apa yang ia bicarakan dan apa yang ia dapatkan. Maka dari itu, mahasiswa biasanya ilmi semantiknya sudah baik dan penalarannya baik.

Tetapi, ada beberapa orang yang tidak dapat menyampaikan apa dibicarakan dengan baik karena penalaran ataupun semantiknya sehingga orang yang menerimanya tidak dapat mengerti pembicaraan seutuhnya.



Nah, penalaran itu sendiri adalah suatu proses berpikir manusia untuk memperoleh simpulan yang logis berdasarkan bukti yang relevan. Dalam menyimpan penalaran tersebut bisa dilakukan bermacam-macam oleh manusia, seperti memperhatikan apa yag dibicarakan dan memahaminya, bisa juga dengan menulis ataupun mencatat apa yang dibicarakan sehingga bisa dikembangkan secara pribadi sesuai dengan konsep intelektual karena penalaran yang biasanya memperhatikan saja akan menyebabkan hilangnya memori dari penalaran tersebut seminggu setelah mendapatkannya.

Biasanya, penalaran akan berhubungan dengan prinsip dasar logika yang berlaku yang prinsip dasarnya adalah mencari pernyataan yang tidak perlu dipertanyakan ataupun dibuktikan kebenarannya. Pada umumnya, 90% penalaran yang didasari oleh fakta dapat dibuktikan dan dianalisis oleh orang lain dan akan menjadi hasil yang dapat dipergunakan oleh orang lain.



Penalaran akan berhubungan dengan pemikiran. Pemikiran adalah sesuatu yang abstrak sehingga disubstitusi dengan lambang yang berupa istilah. Pemikiran itu sendiri akan disampaikan melalui penyataan yang berupa rangkaian konsep yang muncul dari pemikiran yang berdasarkan observasi yang empiris. Dari penyampaian pernyataan tersebut, akan disimpulkan sehingga terbentuklah penalaran dari konsep tersebut. Kalau dari segi bahasa, kata merupakan lambang dari sebuah pengertian, sedangkan kalimat adalah lambang dari sebuah pernyataan, dan argumen adalah lambang dari sebuah penalaran.

Comments

Popular Posts